Jumat, 26 April 2013

Patutkah Seorang Muslim Berkata "RIP"?


Istilah RIP (Requiescat in pace) bagian dari aqidah Katholik, biasa terdapat pada epitaf dan disenandungkan saat Misa Requiem. Keyakinan ini juga terdapat pada agama Yahudi. Epitaf RIP ditemukan pada nisan Bet Shearim, Yahudi, meninggal 1 Abad Sebelum Masehi.

Variasi lain Requiescat in pace atau Rest in Peace dalam bahasa Inggris adalah penambahan kata "may (semoga)". Ini terkait keyakinan dosa ditebus. Ungkapan RIP dalam bentuk ringkas maupun panjang digunakan pada upacara pemakaman tradisional Yahudi. Pijakannya adalah Talmud kuno. RIP dalam bahasa Inggris, yakni rest in peace, tidak ditemukan pada kuburan sebelum abad VIII Masehi. Meluas penggunaannya setelah abad XVIII.


Ungkapan RIP pada agama Katholik terdapat dalam Misa Requiem (Missa pro Defunctis) yang merupakan bagian dari ritus Tridente. Paus (Emeritus) Benediktus XVI menyatakan Ritus Tridente (Tridentin) merupakan bentuk misa yang luar biasa. Ia keluarkan surat edaran tahun 2007. Ini merupakan surat pribadi(motu proprio) kepada seluruh gereja untuk menggunakan Misa Tridentin. Surat ini bermakna penegasan bahwa ungkapan RIP merupakan bagian tak terpisahkan.


Motu proprio (surat pribadi dengan tanda-tangan pribadi) Paus Benediktus XVI (sekarang emeritus) menegaskan kedudukan misa yang melembaga sejak 1570 tersebut. RIP merupakan bagian penting sebagai semacam "pembersihan dosa secara keseluruhan". Dalam hal ini kedudukan RIP saat misa serupa dengan ungkapan "Allahummaghfirlahu...". Jadi, ini merupakan bagian dari prosesi ibadah. Tentu saja tak sama persis. Dalam Islam, seorang syaikh tak memiliki otoritas penghapusan dosa dan penentuan nasib seseorang jadi ahli surga.


Orang yang sudah diupacarai dengan misa dimana pernyataan RIP ada di dalamnya, dianggap sudah "bersih" dari dosa. Sudah ditebus. Jadi, ungkapan RIP memang tidak dapat dibenturkan dengan kalimat istirja' (إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيْهَ رَاجِعُونَ) karena memang sangat berbeda kedudukannya. Ungkapan yang berdekatan, tapi amat berbeda konsep dasarnya dengan istirja' adalah "telah berpulang ke rumah bapa...". Cermati ini agar tak gegabah menyama-nyamakan!


Orang yang tak mengimani RIP sekaligus tak percaya kepada otoritas gereja maupun pastor, tidak gunakan istilah RIP. Cukup passed away (telah berpulang) atau serupa itu. Ini menunjukkan bahwa RIP adalah masa keimanan pada agama mereka.


Apakah RIP merupakan ucapan belasungkawa semata? Tidak. Belasungkawa biasa gunakan ungkapan "in my deepest condolence (pada duka cita yang amat dalam)..." atau serupa itu. Apakah RIP merupakan produk budaya semata? Tidak. Menilik sejarah yang lebih rinci, ini merupakan konsekuensi iman & bagian dari peribadatan.


Lalu apa sebutan untuk orang yang sudah mati pada umumnya? Secara budaya, biasa disebut late (mendiang) begitu saja. Mohon maaf sekiranya saya tidak santun dalam bertutur. Nasehatilah saya. Semoga catatan sederhana tentang RIP ini bermanfaat dan barakah.


Oleh: Mohammad Fauzil Adhim




Perhatikan ini ya teman-teman, karena saat ini adalah masa-masa dimana akidah dan pemahaman kita yang cenderung setengah-setengah menjadi target serangan akan keislaman kita, banyak yang beralasan "gitu aja diributin" , "ah masalah kecil nih" , "yaelah islam ribet amat", dll. Nah point inilah yang saat ini sedang dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh para setan dan sekutunya...


Perkuat pemahaman teman, dengan mempelajari Alquran dan hadistnya... 

Jangan sekedar menjadi Ahli Sunnah wa GOOGLEiyah...

Kalau saya sih, daripada make istilah2 yang diragukan mending ga usah pakai istilah, RIBET AMAT...

Pakai saja nama si mending dengan kata-kata mulia, semacam "semoga damai di sana". SELESAI
hehehe

1 komentar:

  1. komentar dari saya tetaplah yakin akan ajaran kita masing karena menurut saya semua agama mengajarkan untuk masuk surga... kita di dunia ini saling memberi pendapat dan bertukar pikiran... pengilhaman tetang suatu ajaran memang ada sisi positif dan negatifnya jadi berpikirlah positif selalu teman2 tnx :D jadilah orang yang benar2 percaya bahwa surga itu ada dan tatalah diri masing untuk mengapai surga. karena surga dan neraka itu memang ada. cintailah surga melebihi neraka. tnx :D

    BalasHapus